Kalau Makan Pedas Itu Hobimu, Udah Tahu Belum 8 Efek Kebanyakan Makan Pedas Buat Badanmu?

Menikmati makanan pedas mungkin jadi kegemaran bagi banyak orang dan salah satunya bisa jadi kamu. Jika makan tanpa rasa pedas memang rasanya menjadi kurang nikmat, oleh karena itu cabai atau sambal menjadi sebuah hal yang wajib ada di atas meja mendampingi piring laukmu.
Memang sih rasa pedas memiliki manfaat baik bagi tubuh kamu, seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, dan juga mengandung sumber vitamin A, B, C, dan E. Tapi, kalau kamu mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan justru akan berbahaya buat kesehatanmu, khususnya lambung.
Di bawah ini ada beberapa penyakit yang menjadi efek samping jika kamu terlalu sering atau berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas. Yuk, simak baik-baik supaya kamu bisa berhati-hati mulai sekarang.

Kamu bisa terkena gastritis atau maag akut kalau kamu terlalu sering mengonsumsi makanan pedas


maag kronis~ via narodrecept.ru
Gastritis atau maag akut merupakan peradangan yang terjadi pada lambung. Penyakit ini bisa terjadi karena adanya bakteri atau kemungkinan besar terjadi akibat makanan pedas yang dipercaya bisa menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung kamu. Kalau kamu memiliki gejala seperti mual, muntah, dan perutmu yang kembung disertai dengan diare, cobalah untuk langsung memeriksakan kondisimu ke dokter ya.

Kalau kamu sering merasakan sakit kepala, coba untuk mengurangi makanan pedas karena itu bisa jadi salah satu penyebabnya

pusying~ via www.guthealthnews.org
Makanan pedas juga bisa menimbulkan rasa sakit kepala akibat dampak dari penyakit maag akut yang lebih dulu menimpamu. Kalau kamu sudah sering merasakan sakit kepala yang tiba-tiba, ada baiknya agar kamu mengurangi konsumsi makanan pedas terlebih dahulu ya.

Akibat makanan pedas yang dinikmati berlebihan asam lambungmu pun bisa naik tanpa permisi lebih dulu, lho~

asam lambung naik~ via penyebabsakitmaag.com
Salah satu faktor yang dapat membuat asam lambungmu meningkat naik adalah makanan pedas yang kamu konsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering. Kalau sampai asam lambungmu naik dalam jumlah yang juga banyak, maka itu akan membuat dinding lambungmu menjadi iritasi.

Insomnia juga bisa terjadi karena kamu begitu menyukai makanan yang pedas

susah bobok~ via www.sarehat.com
Mungkin banyak dari kamu yang nggak tau kalau insomnia atau kesulitan tidur saat malam hari juga bisa terjadi karena makanan pedas yang sering kamu makan. Hal itu terjadi karena setelah makan makanan pedas, suhu tubuh kamu akan naik, sedangkan tubuhmu juga perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Makanya, coba hindari makanan pedas mendekati jam tidurmu ya.

Lidahmu juga dapat mengalami penurunan kepekaan lidah kalau terlalu sering mengonsumsi makanan pedas

wleeeeeek~ via www.isigood.com
Kamu harus paham kalau semakin lama seseorang terbiasa mengonsumsi makanan yang pedas, maka kepekaan lidahnya akan menurun. Contohnya, jika orang lain merasa kepedasan dengan satu sendok sambal, tetapi buat kamu itu nggak ada rasa pedasnya sama sekali.
Itu juga berlaku untuk semua pengecapan rasa, nggak cuma pedas aja. Kalau sampai kamu sudah merasakan itu, maka indera pengecapanmu sudah menurun tingkat kepekaannya dan itu mempunyai akibat yang permanen lho.

Sakit perut atau mulas, serta diare rasanya jadi penyakit yang paling mudah dirasa oleh para pecinta pedas

Sakit perut atau mules, bahkan nggak jarang jadi diare ini terjadi karena iritasi pada organ pencernaan kamu yang diakibatkan oleh makanan pedas yang kamu santap. Meskipun itu nggak bersifat akut, namun itu bisa menjadi tanda kalau kamu sudah kelebihan mengonsumsi makanan bercabai. Untuk mengatasi mulasmu itu, cobalah untuk memakan makanan yang bersifat menyerap seperti roti.

Siapa bilang kalau makanan pedas menambah nafsu makanmu? Justru keseringan mengonsumsinya akan membuat nafsu makanmu menurun

nggak nafsu deh! via www.tumblr.com
Kalau kamu mengira dengan mengonsumsi makanan pedas akan membuatmu memiliki nafsu makan yang tinggi, maka kamu salah sangka. Justru, dengan kamu terlalu sering mengonsumsinya kamu akan kehilangan nafsu makan. Untuk itu, usahakanlah untuk mengurangi makanan yang terasa pedas demi kesehatan tubuhmu sendiri.

Buat kamu yang memiliki tubuh kecil, yuk, kurangi makanan pedas demi kebaikanmu

cocok buat yang diet! via www.tidningskungen.se
Buat kamu yang berniat menurunkan berat badan, bolehlah mengonsumsi makanan pedas. Namun, bagi kamu yang sudah memiliki tubuh kecil, coba deh kurangi atau hilangkan kebiasaan memakan makanan yang pedas. Karena dengan banyak mengonsumsi makanan pedas, kamu akan menjadi semakin kurus.
Nah, setelah mengetahui efek samping dari makanan pedas yang berlebihan kamu konsumsi, apa masih mau mengorbankan dirimu demi kenikmatan sesaat? Yuk, mulai sekarang coba untuk perbaiki pola makanmu agar kamu bisa jauh lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Makan Pedas Itu Hobimu, Udah Tahu Belum 8 Efek Kebanyakan Makan Pedas Buat Badanmu?"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.